~ GUNNIEZ BLOG ~

11.gif

Friday, December 9, 2011

Uniknya Tradisi Natal di Amerika dan Eropa Timur



Natal merupakan hari libur panjang resmi bagi orang Eropa dan Amerika Serikat, dan mudik merupakan kebiasaan yang sangat dihormati. Selain sudah menjadi tradisi, serta untuk berkumpul dengan para sanak saudara di kampung halaman, Natal merupakan semacam ibadah di hari raya keagamaan karena kebanyakan masyarakat Amerika Serikat dan Eropa adalah mayoritas Nasrani. Biasanya umat Kristiani merayakan Natal menurut tradisi gereja mereka masing-masing.

Natal menurut tradisi masyarakat Amerika Serikat, Eropa adalah dengan tukar menukar kado, mengirimkan kartu ucapan kepada kerabat serta mendengarkan dan menyayikan lagu-lagu Natal (Carol) serta tak lupa menghiasi pohon Natal dan menghidangkan makanan khas Turkey pada pesta perjamuan makan malam sehingga membuat nuansa Natal pun terasa kental.

Lain pula Natalan di Eropa Timur terutama di negara Ceko yang sangat unik karena disetiap tanggal 6 Desember, biasanya anak-anak disana selalu ingin menyaksikan berbagai tanda kedatangan Santo Nicholas atau biasa dikenal Santa Claus. Mereka masih percayai bahwa Santo Nicholas akan turun dari langit dengan membawa satu tas besar berisi hadiah-hadiah untuk dibagikan kepada seluruh anak-anak disana.
 
Namun di negara Ceko bukan masyarakatnya saja yang merayakan Natal, tapi binatang-binatang peliharaan pun ikut merayakannya dengan memberikan makanan spesial Natal kepada binatang peliharaan mereka yang dibagikan secara bersama-sama. Selain itu, masyarakat Ceko pun punya kebiasaan unik di hari Natal. Pada saat Natal mereka sengaja meninggalkan makanan yang ditaruh dalam sebuah tempat di depan rumah mereka, dengan tujuan agar bayi Kristus datang untuk mengambil makanan tersebut.

No comments:

Post a Comment